Baterai Cepat Kembung? Inilah Tips dan Solusi Mengatasinya


batre kembung
Batre Cepat Kembung? Inilah Solusi Mengatasinya - Pernahkah sobat mengalami masalah pada Battre handphone seperti battre kembung, batre kalo di carge ga penuh-penuh, kalaupun penuh baru digunakan sebentar tiba-tiba handphone makjlebe langsung mati, itu sih pertanda bahwa batrre telah bocor dan minta di pensiunkan. hehehehe...
Coba deh di cek dulu battrenya diatas meja kaca, kemudian di putar apakah batre bisa berputar dengan mulus atau tidak. Karna kaca adalah bidang yang datar dan rata jadi mudah untuk mengecek kerataan pada batre dan apakah batre sudah kembung atau belum.

Lalu apa yang membuat battre itu bisa kembung?? Apakah karna kebanyakan di kasih minum air putih atau kopi??hehehehe

Jadi begini ceritanya, sedikit cerita tentang batre. Di jaman yang moderen ini rata-rata dari isi batre adalah lithium (semoga tulisanya betul). Keunggulan lithium itu sendiri adalah mampu menyimpan daya lebih besar, berbobot ringan, lebih awet (jika penggunaannya benar), dan lebih fleksibel dalam proses charging.
Walaupun batre type seperti diatas memiliki keunggulan bukan berarti tidak memiliki kelemahan juga lho ya. Kelemahan dari Lithium itu adalah sangat rentannya terhadap panas, dan panas yang berlebihan itu lah yang membuat si battre membuncit.

Pada kesempatan ini Dzatmiko Blog juga ingin berbagi Cara Mengatasi agar batre handphone tidak mudah kembung, dan agar supaya battre tepat awet muda. Dan ini ada beberapa tips yang harus dihindari dan di perhatikan agar battre bisa tetap terjaga kualitasnya.

Ini diah tips yang harus di hindari:

  1. Men-Charge Berlebihan (OVERCHARGE) Maksudnya adalah pada saat nge-carge batere udah penuh tapi didiamkan saja. Apalagi hingga berjam-jam lamanya. kalo cuma sekali-dua kali karna kelupaan sih nggak masalah ya. Tapi kalau keseringan pastinya akan membuat batre cepat kembung. Apalagi jika sering ganti-ganti charger. Ingat tiap charger itu beda-beda lho daya isi ulangnya. Beda tipe HP beda pula charger-nya. Dan coba perhatikan saat membeli hp baru, hal yang merusak garansi adalah men-charge dengan selain charger bawaan pabriknya (Original) kalo ga percaya baca deh buku panduan pada hp tersebut.
  2. Menggunakan Handphone pada saat di charge Misalnya sambil nge-charge sambil main COC, sambil Chating, sambil Facebook-an atau yang paling menyiksa batere adalah sambil Teleponan. Wah pasti bakalan panas dan tersiksa sekali baterenya itu. Dzatmiko Sarankan untuk tidak menggunaka hp untuk menelpon pada saat hp sedang di charge ya?? karna sangat beresiko sekali jika keseringan melakukannya. Baca juga: Cara Mengatasi Handphone Sering Panas dan Battre Cepat Habis
  3. Keseringan memaksakan batre hingga benar-benar kosong. Contohnya: Pada saat kapasitas daya batre sudah menujukan 1%, hp otomatis akan mati dengan sendirinya, mungkin karna ada keperluan yang sangat penting jadi si pengguna ini memaksakan untuk mengaktifkan kembali hp nya. nah itu lah yang membuat batre benar-benar kosong, dan jika hal ini sering dilakukan maka akan ada kemungkinan batre cepat kembung, selain cepat kembung batre juga akan rusak walaupun batre tidak kembung. Saran saya agar tetap mematikan handphone jika handphone tersebut sudah lowbatt atau segeralah untuk men-charge hp tersebut.

"Lalu apakah ada cara agar batre bisa kembali normal seperti sedia kala??"

Pengalaman saya yang saya dapatkan dari searching di mbah google sangat banyak yang menyarankan untuk menyimpannya (battre) kedalah lemari es atau sering di sebut kulkas pada bagian plieser agar battre kembali normal dan tidak kembung lagi (katanya). Admin Dzatmiko Blog pun pernah mencobanya, pada saat itu hp yang di gunakan merek nokia, batrrenya saya lupa type berapa, batrre kembung dan cepat habis dayanya (bocor) kemudian saya masukan kedalam pliser kurang lebih seharian. Setelah seharian di penjara dalam lemari es kemudian saya lihat bentuk battrenya tetap saja masih kembung tapi untuk dayanya memang bisa bertahan lama, tapi itu hanya untuk beberapa hari saja dan selanjutnya battre bocor lagi (cepat habis dayanya). Jadi kalo menurut saya sih jika battre sudah kembung dan bocor lebih baik di LEM KUNING aja ya alias Lempar Tuku Maning. hehehehe..

Demikianlah informasi yang dapat Dzatmiko Blog sampaikan tentang Batre Cepat Kembung? Inilah Tips dan Solusi Mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: