Nokia N70 terjadi kesalahan tidak terduga, matikan perangkat dan restart

Nokia N70 saat buka kamera muncul pesan "terjadi kesalahan tidak terduga, matikan perangkat dan restart"? Kasus seperti ini memang sering terjadi pada hp nokia type N70, N82 dan lain- lain. Dan banyak juga yang mencari jalan keluar dalam mengatasi permasalahaan ini di mbah google, namun menurut saya pribadi hingga saat ini belum ada yang memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan seperti ini. Karena Sudah seminggu lebih saya dibuat pusing oleh handphone nokia N70 ini, sudah browsing sana sini, keluar masuk forum dan group fb dan semua solusi sudah saya coba, namun belum ada hasil.

nokia n70 terjadi kesalahan
Terjadi kesalahan tidak terduga, Matikan perangkat dan restart

Terimakasih buat para Master Tekhini Handphone yang sudah memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan pada camera nokia N70, walaupun permasalahan yang saya alami ini berbeda dengan yang dialami oleh para master dan belum membuahkan hasil, yang pastinya berkat dukungannya saya jadi tetap kuat dan terus berusaha untuk mencoba.

Bagi sobat yang sedang mengalami masalah yang sama seperti judul topik artikel ini, nggak ada salahnya untuk mencoba trik dibawah ini terlebih dahulu.
1. Lakukan Flashing ulang Nokia N70
2.  Cek jalur kamera. Jika belum punya skema bisa download disini Schematic N70
3, Coba ganti kamera nokia N70 dengan yang normal

Jika 3 trik diatas masih belum mempan, coba cek komponen yang berhubungan dengan kamera apakah ada komponen yang korosi (karat) atau kaki komponen yang terlepas dari jalur.

Kemudian lanjut buka skema lagi dan ukur tegangan penting pada titik kamera seperti:
1. Tegangan VBAT di C1472(2,8V)
2. Tegangan sebesar 2,85V harus ada di titik C1473 ketika camera diaktifkan (tegangan ini dihasilkan oleh komponen emif yg berfungsi sebagai regulator seperti N1470 & N7505, kebanyakan problem kamera bersumber dari komponen ini)

Belum ada perubahan juga?

Jangan menyerah, teruslah berdo'a dan berusaha mencari jawaban. Karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluar, walaupun pada akhirnya memang tidak bisa di perbaiki, yang penting kita sudah berusaha sekuat tenaga.

Trik-trik diatas adalah solusi dari para master tekhnisi handphone yang pernah mendapat masalah seperti topik artikel ini dan sudah berhasil mengatasi permasalahannya.

Lalu bagaimana langkah selanjutnya?

Buka skema nokia n70 dan pelajari jalur kamera lebih dalam dan lebih teliti lagi, itu yang saya lakukan sekitar seminggu yang lalu dan Alhamdulillah berkat do'a dan kerja keras, akhirnya ada jalan keluar juga.

nokia n70 terjadi kesalahan

Lihat skema dan coba sobat jumper dari C1470 ke C7618 (Vana 2,8V). Supaya lebih mudah, sudah saya buatkan gambar jalurnya yang lebih jelas dibawah, tinggal sobat praktekan saja dan semoga berhasil.

nokia n70 terjadi kesalahan

Demikian saja pembahasan tentang Nokia N70 terjadi kesalahan tidak terduga, matikan perangkat dan restart, semoga beberapa tips dan trik diatas dapat membantu permasalahan sobat. Salam Blower.

Subscribe to receive free email updates: