Fungsi Tombol "Fn" dan "Ctrl" Pada Laptop Tertukar? Berikut Solusinya!!

Fungsi Tombol "Fn" dan "Ctrl" Pada Laptop Tertukar? - Ini adalah pengalaman pribadi saya menggunakan laptop milik kantor, yang tentunya sebelum saya gunakan sudah ada orang lain yang menggunakannya. Tidak ada yang aneh pada laptop ini, hanya saja ada satu tombol yang sering atau biasa kita gunakan pada saat menulis atau membuat laporan. Ya tombol itu adalah tombol Control atau tertulis pada keyboard "Ctrl", yang letaknya ada di sebelah kiri, karna tombol Ctrl pada keyboard terdapat dua tombol, disebelah kiri bawah dan disebelah kanan. Tombol yang sebelah kiri tidak berfungsi sama sekali, tapi yang sebelah kanan berfungsi normal. Saya coba bertanya kepada kawan yang sebelumnya menggunakan laptop ini, kata dia memang tombol Ctrl yang sebelah kiri tidak bisa digunakan alias rusak. Sungguh sangat menjengkelkan jika sudah terbiasa menggunakan tombol Ctrl yang sebelah kiri untuk melakukan aktifitas, namun tombol tersebut tidak dapat digunakan, dan pastinya kita harus terbiasa menggunakan tombol Ctrl yang ada si sebelah kanan.

 Fungsi Tombol Fn dan Ctrl Tertukar

Fungsi Tombol Ctrl ada banyak sekali, seperti untuk membuat cetakan tebal menggunakan tombol "Ctrl+B", Huruf miring menggunakan "Ctrl+I", Copy "Ctrl+C", Paste "Ctrl+V" dan lain sebagainya. Itu semua harus dibiasakan menggunakan tombol Ctrl yang di sebelah kanan, karena yang disebelah kiri tidak dapat digunakan.

Keyboard sudah saya coba tukar dengan keyboard laptop milik teman yang tombol Ctrl nya berfungsi, namun hasil masih sama dan keyboard laptop saya yang dipasan pada laptop milik teman normal-normal saja. Sampai disini sudah jelas bahwa kasus ini bukan terdapat pada keyboard, kemungkinan besar pada softwarenya. Saya coba utak atik di Control panel -> Change Keyboard tidak menemukan jalan keluar, Searching Mbah Google dan mengikuti beberapa tips masih tidak bisa juga dan tidak menemukan jalan keluar, entah harus menggunakan kata kunci apa pada google untuk menemukan tutorial masalah yang saya alami diatas.

Laptop yang saya gunakan hanya ada satu Windows, dan untuk urusan pekerjaan memang harus tersedia dua windows yang berbeda. Yang awalnya hanya Windows 7 64bit, saya coba instal Windows 7 32bit. Dan ternyata pada Windows 7 32bit tombol Ctrl juga tidak dapat digunakan dan pada saat mau merubah Contras pada laptop menggunakan tombol "Fn+F8" (mengurangi contras) ternyata tombol tersebut tidak dapat digunakan, sedangkan menggunakan tombol "Ctrl+F8" bisa. Saya coba gunakan tombol Fn+C untuk copy dan Fn+V untuk paste pada Ms Word berfungsi, berarti jelas tombol Fn dan Ctrl tertukar fungsi nya. Jelas ini hal yang mengherankan bagi saya yang masih pemula dan belum mengerti tentang laptop. Coba saya tanyakan pada teman yang mengerti, kata dia coba cek di pengaturannya kalau ga ketemu coba cek di BIOSnya. Benar saja ternyata setelah saya utak atik di menu BIOS dan mengganti menu setting "Fn and Ctrl Key swap" dari Enable menjadi Disabled tobol Ctrl yang sebelah kiri fungsinya sudah aktif kembali seperti semua. Beikut tutorialnya:

Cara Mengatasi Fungsi Tombol Fn dan Ctrl Tertukar

1. Masuk ke menu BIOS Laptop/PC geser kekanan pada menu "Config" pilih "Keyboard/Mouse" kemudian tekan "Enter".

Fungsi Tombol Fn dan Ctrl Tertukar

2. Perhatikan gambar dibawah, posisi semua "Fn and Ctrl Key swap" pada posisi Enable, hal inilah yang membuat fungsi tombol Fn dan Ctrl tertukar.

Fungsi Tombol Fn dan Ctrl Tertukar

3. Rubah settingan Fn and Ctrl Key swap dari Enable menjadi Disabled dengan meng-klik Enter.

Fungsi Tombol Fn dan Ctrl Tertukar

4. Jika sudah diganti, tekan F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari menu BIOS (Restart). Dan coba kembali apakah tombol Fn dan Ctrl sudah tidak tertukan dan kembali seperti fungsi biasanya.


Mungkin itu saja coretan saya disini sesuai dengan pengalaman yang saya alami dan sebagai catatan pribadi dan juga mungkin bermanfaat bagi sobat yang juga sedang kebingungan mencari solusi Fungsi Tombol "Fn" dan "Ctrl" Pada Laptop Tertukar. Selamat mencoba. Salam.

Subscribe to receive free email updates: