Pengertian dan Pengenalan WALK TEST dan DRIVE TEST

Pengertian dan Pengenalan WALK TEST dan DRIVE TEST - Mungkin bagi sebagian banyak orang masih banyak yang belum mengetahui apa itu WALK TEST dan DRIVE TEST dalam dunia telekomunikasi. WALK TEST dan DRIVE TEST sebenarnya memiliki arti yang tidak jauh berbeda, WALK TEST (WT) adalah suatu istilah dalam pekerjaan (pengukuran) yang dilakukan dengan berjalan kaki (Walk) dari satu tempat ke tempat lain dengan dilengkapi Peta Digital, GPS, Handset dan Software Pendukung. Sedangkan DRIVE TEST (DT) dilakukan dengan berkendara dari satu tempat ketempat lain.

walk test
Lagi sibuk nyari Pokemon

Tujuan WALK TEST dan DRIVE TEST adalah untuk mengetahui kondisi sinyal pada BTS dengan menginformasikan level daya terima (Rx Level), kualitas sinyal terima (Rx Qual), interferensi, proses perpindahan ms ke BTS lain (Handover) dari sisi pengguna mobile station sehingga dapat diputuskan apakah keadaan sinyal disuatu BTS masih layak atau perlu dilakukan suatu optimasi.

Pada umumnya WT dan DT membutuhkan Laptop yang telah terinstal software TEMS, Handphone (Sony Ericsson K790, K800i atau K810) dan kabel datanya.

walk test

TEMS atau kependekan dari Total Electronic Migration Systems Merupakan Aplikasi Software yang dikembangkan oleh Ericsson, Namun kini TEMS telah di Akuisisi oleh ASCOM.
TEMS adalah suatu rangkaian perangkat yang digunakan untuk analisis dan optimasi jaringan seluler (biasanya digunakan dalam drive test maupun walk test) baik untuk menguji sinyal GSM,CDMA, 3G tergantung dari tipe TEMS investigation itu sendiri.

Parameter yang harus diketahui untuk DT dan WT pemula adalah sbb :
1. BCCH : Broadcast Control Channel = frekuensi yg digunakan dlm GSM untuk downlink BTS ke MS (berkisar 890MHz-915MHz utk yg GSM 900)
2. ARFCN : Absolute Radio Frequency Channel = sebutan kanal yg digunakan untuk mewakili brapa nilai dari frekuensi. Jd misalnya disebut ARFCN BCCHnya 18 , nah artinya nti 18 itu dikonversi menjadi nilai MHz td.
3.CGI terdiri atas :

  1. MCC / Mobile Country Code, klo Indonesia pakenya 510
  2. MNC /Mobile Network Code, nilainya tergantung operator
  3. LAC / Local Area Code, setiap area atw daerah punya kode yg ditentukan operator
  4. Cell Id, parameter ini yg hrs diperhatikan agar tidak salah site ketika ingin melakukan drive test karena setiap cell punya kode ID masing".

4. BSIC (Base Station Identity Code), Membedakan antar BTS terutama BTS-BTS yg mempunyai BCCH ARFCN yg sama (dalam reuse freq)
5. RxLev = Tingkat kuat level sinyal penerima di MS (rentang dalam minus dB),makin kecil mkin lemah
6. RxQual = Tingkat kualitas sinyal penerima di MS (rentangnya skala 0-7),makin besar makin jelek
7. SQI (Speech Quality Indicator) = Indikator kualitas suara dalam keadaan dedicated atau menelpon dengan rentang -20 s.d -30 , makin besar makin baik
8. TA(Timing Advance) = jarak antar MS dengan BTS (rentang dari 0-8), makin besar makin jauh

Demikianlah Pengertian dan Pengenalan WALK TEST dan DRIVE TEST, kurang lebihnya mohon maaf dan jika ada kesalahan kata dalam penulisan mohon di maklumi. Salam

Subscribe to receive free email updates: