Cara Membuat Akun FTP di Cpanel dan Cara Meng-Koneksikannya

Cara Membuat Akun FTP di Cpanel - FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, yang berfungsi untuk mempermudahkan kita dalam melakukan upload dan dowload file dari server hosting. Dengan FTP sobat dapat meng- upload dan download file dari server hosting sekaligus (tidak satu per-satu).

Jika sobat belum memiliki Hosting pribadi, Sobat bisa mencoba produk hosting yang disediakan oleh Niagahoster.co.id. Kenapa harus di Niagahoster? Karena menurut admin selain harga yang terbilang cukup murah, pelayanan bantuan teknis yang cepat dan nonstop 7x24 jam. Dan yang lebih menariknya lagi, jika sobat memesan hosting di Niagahoster.co.id sobat akan mendapatkan domain gratis selamanya dengan full akses Domain Manager. Waww ayo buruan gabung dan buat hosting pribadimu di Niagahoster, Gunakan kode kupon berikut agar sobat mendapat diskon (potongan harga) "a-xyhjsn7879" tanpa tanda petik ya.
Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Layanan Web Hosting
Cara Membuat Akun FTP
Jika sobat sudah memiliki hosting dari Niagahoster, Secara default akun FTP telah dibuat ketika akun Hosting / cPanel diaktifkan dan telah dikirimkan ke email. Berikut contoh detailnya:

ftp client

Sobat dapat menggunakan detail tersebut untuk login FTP sobat dan gunakan IP sebagai hostnya (dalam kasus ini, ip yang digunakan: 202.150.209.134)

Sobat juga dapat membuat akun FTP baru melalui Cpanel > FTP Accounts. Setelah itu, silahkan Sobat lengkapi semua form untuk pembuatan akun FTP. Format username FTP sobat akan menjadi namaakun@domainutama.com. Misal: admin@dzatmiko.com. Perhatikan gambar dibawah ini.
ftp client

ftp client

Cara Koneksi FTP
Disini admin akan menggunakan FileZilla sebagai FTP client. FileZilla bisa sobat download di https://filezilla-project.org/download.php?show_all=1. Setelah mendownload dan menginstalnya, silahkan Sobat buka filezilla dan kemudian isi kolom yang ada dengan detail seperti berikut:

ftp client

Mesin / host / server: Sobat dapat mengisinya dengan IP cPanel atau nama utama domain, IP dapat di cek dari panel statistik di bagian Server Information. Misal: 202.150.209.163 atau ftp.dzatmiko.com (seperti gambar contoh diatas).
Username / nama pengguna: username ftp yang sobat buat.
Password: Password ketika membuat username.
Port: isikan dengan 21 atau kosongkan saja.

Jika sudah dimasukan semua data - data tersebut, kemudian klik "Quickconnect". Selesai.

Demikian lah tutorial Cara Membuat Akun FTP di Cpanel dan Cara Meng-Koneksikannya, semoga dapat bermanfaat dan membantu sobat dalam membuat akun FTP. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan. Salam

Subscribe to receive free email updates: