Perbedaan Resume dengan Curriculum Vitae (CV)


perbedaan resume dan cv

Perbedaan Resume dengan Curriculum Vitae (CV) - Banyak diantara kita yang masih belum paham tentang apa itu Resume dan apa itu CV, dan banyak yang beranggapan bahwa resume dengan cv itu sama. Karena saya pun saya pribadi pun juga baru mengetahui perbedaannya, karna menurut beberapa sumber yang pernah saya kunjungi, banyak yang beranggapan bahwa resume dengan cv itu sama saja. Ya, memang sama hanya saja ada sedikit perbedaannya.

Beikut ulasan tentang Perbedaan Resume dengan Curriculum Vitae (CV) yang saya ambil dari sumbernya: http://www.jobloker.co.id/id/artikel-dunia-kerja/58-beda-cv-dan-resume.

Resume adalah rangkuman dari keahlian, pengalaman dan pendidikan anda yang harus ditulis kurang dari dua halaman. Ingat, jangan lebih dari dua halaman. Tujuan penulisan resume adalah untuk menyampaikan kualifikasi anda secara singkat, padat dan jelas sehingga mudah dimengerti walaupun dibaca sekian detik. Oleh karena itu sebelum mencari loker terbaru persiapkan terlebih dahulu CV atau Resume kalian dengan baik.

CV atau Curriculum Vitae biasanya ditulis lebih panjang dan terdiri dari dua halaman atau lebih yang menjelaskan rangkuman latar belakang pendidikan anda, penghargaan yang pernah anda dapat serta prestasi apa saja yang telah anda capai selama ini. Dalam menulis resume hal ini juga disebutkan namun secara ringkas tidak seperti di CV yang penyampaiannya disajikan per kategori dan lebih mendetail.

Nah, apa saja yang perlu diisi di CV atau Resume? Dalam keduanya anda harus mencantumkan informasi kontak (nama, email & alamat), pendidikan, keahlian dan pengalaman. Sebagai tambahan, di CV perlu dicantumkan penghargaan, beasiswa, prestasi yang mungkin pernah anda raih serta informasi tambahan lainnya yang berhubungan dengan posisi yang hendak anda lamar. Mulailah dengan membuat listing latar belakang pendidikan anda dari SD sampai Perguruan Tinggi, kursus atau training yang pernah diikuti hingga tingkatan selanjutnya.

Selanjutnya hal apa yang tidak perlu dicantumkan dalam CV. Anda tidak perlu mencantumkan foto, riwayat gaji, alasan berhenti kerja di perusahan sebelumnya serta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Referensi harus dilampirkan terpisah dan berdasarkan permintaan pihak perusahaan yang baru.

Baca juga: Contoh DAFTAR RIWAYAT HIDUP Untuk Lamaran Kerja

Nah itu lah perbedaan antara Resume dengan Curriculum Vitae (CV), semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: