Cara Cek RAM Komputer dan Laptop Dengan Mudah

Cara Cek RAM Komputer dan Laptop - Random Access Memory (RAM) berfungsi untuk membantu kinerja komputer atau laptop dalam hal penyimpanan sementara. Beda dengan hardisk atau flashdisk yang dapat menyimpan data secara permanent, RAM hanya dapat menyimpan data sementara, jika komputer/ laptop di reebot (restart) maka data yang telah kita buat dan belum sempat disimpan pada hardisk atau flashdisk akan hilang. Contoh: Pada saat sobat membuat data atau menulis tugas sekolah atau tugas kuliah pada Ms. Word, pada saat itu lah RAM bekerja dan menyimpan data tulisan yang sobat buat pada Ms. Word. Tapi jika pada saat menulis tiba tiba terjadi pemadaman listrik yang mengakibatkan komputer/ laptop mati, maka saat komputer kembali dihidupkan data yang kita buat tadi sudah tidak ada alias terhapus. Karena RAM tidak dapat difungsikan untuk menyimpan data secara permanent. Ini hanya menurut pendapat saya pribadi aja loh ya, semoga benar adanya.

Lalu bagaimana cara cek RAM pada komputer kita?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan ubtuk cek RAM komputer kita, disini saya akan jelaskan cara cek RAM yang saya ketahui dan paling mudah tanpa harus membongkar dan melihat langsung RAMnya.

Baca juga: Komputer/Laptop Lemot Setelah Instal Bluestack? Ini solusinya

1. Klik Start (pojok kiri bawah) kemudian klik kanan pada Computer kemudian pilih Property dan lihat hasilnya.
cek ram

cek ram

Atau bisa juga dengan cara kedua seperti dibawah ini.

2. Klik Start, pada kolom Search program and file ketik "dxdiag" tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

cek ram

Cukup mudah bukan mengetahui space RAM komputer kita?

Demikian artikel tentang Cara Cek RAM Komputer dan Laptop, semoga bermanfaat. Salam

Subscribe to receive free email updates: