5 Aplikasi Chatting Teraman di Android dan iOS

aplikasi chatting

Semakin maju dan bersaingnya dunia elektronik, semakin banyak pula media aplikasi chatting yang bermunculan. fitur keamanan merupakan salah satu faktor penting yang patut dipertimbangkan. Salah satu layanan dari smartphone yang sangat membutuhkan faktor ini adalah aplikasi chatting. Mengapa aplikasi chatting membutuhkan adanya fitur keamanan ? dengan keamanan yang terjamin, memungkinkan pesan yang akan dikirimkan tetap terjaga secara rahasia, sehingga tak dapat diketahui oleh orang lain.
Menanggapi kebutuhan ini, para delevoper semakin gencar untuk menciptakan aplikasi chatting yang aman namun tetap memberikan kemudahan bagi penggunanya. Apple dan Google juga termasuk developer yang mengupayakan hal tersebut untuk smartphonenya.
Nah, untuk mengetahui aplikasi chatting yang aman dapat digunakan di Android dan iOS, Trentekno memberikan ulasannya sebagai berikut :

1. Telegram
Disebut-sebut sebagai pesaing WhatsApp, telegram ini merupakan salah satu aplikasi chatting paling aman yang sangat populer di mancanegara hingga saat ini. Pasalnya, aplikasi ini telah dibekali oleh data center yang telah tersebar secara mendunia, sehingga dapat menyulitkan bagi orang yang ingin melacak pesan yang akan dikirimkan.
Terlebih lagi telegram ini juga dilengkapi oleh fitur yang mampu melakukan self-destruct terhadap pesan yang dikirim. Fitur tersebut mampu menghapus semua jejak pesan di server. Untuk media penyimpanan yang aman, telegram dibekali oleh cloud, dimana pengguna dapat mengaksesnya kapanpun.

2. Signal
Aplikasi ini direkomendasikan oleh Edware Snowden sebagai aplikasi chatting teraman. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Pasalnya, aplikasi yang diciptakan oleh Open Whispers System ini telah dibekali oleh teknologi enkripsi yang berkemampuan sebagai sarana keamanan bagi pesan teks dan suara dari penggunanya. namun teknologi tersebut nampaknya tak hanya berlaku untuk mengirim pesan teks, Signal juga dapat digunakan untuk media pertukaran file yang aman. Menariknya lagi, Signal telah mengadopsi antar muka yang sangat friendly bagi penggunanya.

3. Theerema
Theerema juga merupakan aplikasi chatting yang aman dengan dukungan teknologi enkripsi yang berfungsi untuk menindaklanjuti semua jalur komunikasinya, meliputi pesan, group chat, termasuk file.
Terkait dengan fitur keamanan, pplikasi yang dikembangkan developer asal Jerman ini melakukan verifikasi kontak dengan memindai QR code. Ia dapat berfungsi layaknya mini dari media sosial.
Wickr: Top-Secret Messenger
Pada awal penciptaannya, aplikasi ini digunakan oleh para whistleblower sebagai sarana berkirim pesan namun pemerintah tak memiliki kemampuan untuk melirik pesan tersebut. Diciptakan oleh Nico Sell, salah seorang peretas, aplikasi ini digadang-gadang dibekali oleh enkripsi pesan kelas militer, sehingga pihak lain tak akan mampu melacak pengirim pesan yang saat itu ada di server

4. ChatSecure
Aplikasi ChatSecure merupakan aplikasi chatting berbasis open-source yang memiliki keamanan cukup baik dengan dukungan enkripsi OTR menggunakan XMPP. Namun kelemahannya, aplikasi ini memiliki antarmuka yang tak menarik, sehingga terkesan sangat monoton.

5. Wirck.
Wickr memiliki fitur self-destructing yang mampu diatur pribadi untuk tiap-tiap pesannya. Dibalut oleh tampilan antarmuka yang cukup menarik, aplikasi ini dianggap punya nilai lebih bagi penggunanya.

Sumber: Liputan6.com

Demikian artikel tentang 5 Aplikasi Chatting Teraman di Android dan iOS. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: