Cara Backup dan Restore Data Pada Smartphone Android

Selamat malam sobat Dzatmiko Blog!!
Backup dan Restore Data- Pada kesempatan kali ini Dzatmiko Blog ingin berbagi tentang Cara Backup Full Data Pada Smartphone Android, siapa yang belum pernah mendengar kata Backup?? pasti sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Backup data sangat penting bagi kita yang memiliki data-data penting seperti file gambar, video, foto, musik dan lain-lain. Tentu saja kita tidak ingin kehilangan data yang menurut kita penting dengan begitu saja kan? maka dari itu mem-Backup data sangat lah penting.

Backup data bisa kita lakukan secara manual ataupun secara otomatis mengunakan aplikasi pihak ketiga, disini Dzatmiko Blog ingin menjelaskan cara Backup data android secara manual melalui CWM Recovery.

Ada berbagai cara untuk dapat masuk ke Recovery Mode, Untuk Samsung Galaxy bisa lihat caranya di Cara Membuka Pola dan Pasword yang Terkunci pada Samsung Galaxy disana ada cara masuk recovery mode untuk Samsung Galaxy.
Dan ada pula yang androidnya belum terpasang Recovery Mode (CWM) silahkan baca Cara Memasang CWM Pada Andromax C3.

Disini admin menggunakan handphone andromax c3 sebagai bahan tutorialnya.

Cara Backup full data
1. Masuk ke menu Recovery Mode dengan cara lepas battre kemudian pasang lagi, (Handphone dalam keadaan mati) tekan dan tahan tombol volume up (+) dan tombol Power secara bersamaan.
2. Jika sudah muncul logo Smartfen, lepas kedua tombol tersebut dan tunggu hingga masuk menu recovery mode.
3. Pada menu recovery, silahkan sobat pilih "backup and restore".

Backup dan Restore

4. Kemudian pilih "backup to /storage/sdcard"

Backup dan Restore

5.Tunggu hingga proses backup selesai, seperti gambar dibawah.

Backup dan Restore

Selesai deh, data sudah ter-backup ke memorry card (sdcar).

Cara Restore Data
1. Ikuti langkah No.1 sampai No.3 seperti diatas.
2. Pilih "restore from /storage/sdcard"

Backup dan Restore

 3. Kemudian pilih file backup yang tersedia (lihat gambar dibawah)

Backup dan Restore

4. Tunggu hingga proses restore selesai.

Backup dan Restore

5. Jika sudah selesai, kemudia pilih +++++Go Back+++++ untuk kembali ke menu recovery dan selanjutnya pilih "reboot system now".

"proses backup dan restore ini tidak mengilangkan data apapun yang tersimpan dalam handphone seperti cache, akun email, akun fb, akun bbm dan data lainnya. 100% data ter-backup dalam memory card"

Cukup sekian sedikit penjelasan tentang Cara Backup dan Restore Pada Android, mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan. semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: