Kelebihan dan Kekurangan Handphone Android yang di Root

root
Dzatmiko.com – Pada kesempatan kali ini Dzatmiko Blog ingin berbagi informasi tentang Kelebihan dan Kekurangan Handphone Android yang di Root sesuai sesuai apa yang admin ketahui. Pasti banyak yang bertanya-tanya "Sebenarnya Root itu apa sih?". Disini juga sedikit akan admin bahas pengertian tentang root.

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi Android. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah juga merusak semua yang ada di dalam sistem handphone.
Nge-­Root artinya nge­hack sistem handphone supaya pemilik dan pengguna handphone memiliki akses ke account root tersebut, jadi kita lah yang memiliki kekuasaan penuh pada HP android yang kita miliki.


Fungsi Root adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke Sistem Operasi. Dengan melakukan Root, si pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-­file atau data­-data yang terletak pada sistem Android yang dalam keadaan standar (belum root) file-­file tersebut tidak dapat di akses.

Kelebihannya adalah:
1. Dapat mengakses semua system pada Android.
2. Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh
3. Aplikasi bawaan vendor dapat di hapus (untuk aplikasi yang kurang penting) sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja handphone.
4. Dapat merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM (upgare custom rom)

Kekurangannya adalah:
1. Seperti yang sering admin katakan pada setiap artikel yang membahas tentang  cara Root, bahwa setiap handphone yang di root maka Garansi handphone tersebut hilang (tidak garansi lagi). Hal ini dikarenakan kita sudah mengutak-atik pada bagian sistem dan  vendor handphone tersebut tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi
2. Untuk android yang sudah di root pastinya dapat dengan bebas men-download dan menggunakan aplikasi yang sebelumnya tidak dapat digunakan jika android tersebut belum di root. Hal ini yang perlu diperhatikan karena android yang sudah di root sangat Rentan terhadap Virus dan Malware, Maka dari itu berhati-hatilah dan jangan sembarangan meng-instal aplikasi dan Admin menyarankan untuk memasang aplikasi anti virus.

Demikian sedikit tentang penjelasan dari Kelebihan dan Kekurangan Handphone Android yang di Root. Semoga bermanfaat. Salam

Subscribe to receive free email updates: