Cara Merubah CDMA Menjadi GSM Pada Andromax C3

Unlock CDMA ke GSM pada Andromax C3- Selamat malam sahabat blogger, pada kesempatan kali ini admin Dzatmiko Blog ingin berbagi tentang Cara Merubah CDMA Menjadi GSM Pada Andromax C3.
"Apa biasa kartu yang seharusnya CDMA di gunakan kartu GSM?"
Jawabnya: "Bisa"
Hampir semua produk dari smartfren terutama pada Smartphone memang hanya di kususkan untuk SIM CARD CDMA dan SIM CARD GSM, dan untuk jaringan data nya handphone ini hanya berfungsi di jaringan data pada CDMA dan tidak bisa diaktifkan pada jaringan data GSM. Yang pasti sobat semua tahu ya kenapa SIM CARD GSM tidak bisa diaktifkan untuk jaringan data? Ya, bener banget tuh, kalo sim card gsm bisa untuk internetan sudah pasti smartfren akan tersaingi ya. hehehehe..

Tapi disini ada lho tutorial supaya Hanphone Andromax sobat bisa ber-internetan menggunakan jaringan GSM, untuk yang mau mengikuti trik ini saya harapkan untuk memperhatikan urutan prosesnya dan jangan ada yang terlewatkan atau terbalik urutan prosesnya.

Sebelum melakukan tutorial ini sobat harus mem-backup data terlebih dahulu jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan (silahkan baca Cara Backup dan Restore pada Smartphone Android) dan admin Dzatmiko Blog tidak bertanggung jawab atas kerusakan smartphone smartfren andromax c3 sobat jika terjadi bootloop, hang ataupun Stuck logo. Namun jika ada kesulitan atau kendala lain silahkan bertanya melalui form komentar.

Sebelum memulai mari kita berdo'a menurut agama kepercayaan kita masing-masing. Berdo'a mulai.

Persyaratan yang diperlukan:
1. Siapkan kopi & Rokok (bagi yang merokok saja)
2. Smartphone Andromax C3
3. Andromax C3 sobat harus sudah terpasang CWM. Silahkan baca Cara Memasang CWM Pada Andromax C3
4. Download PATCH GSM C3
5. Download Any Cut

Langkah langkah Flash PATCH GSM C3
1. Pastikan sobat sudah men-download PATCH GSM C3
2. Ambil kabel data dan hubungkan andromax sobat ke komputer/laptop atau bisa juga menggunakan cardreader untuk memindahkan file PATCH GSM C3 ke Memorry Card (letakan file di luar folder agar lebih mudah menemukannya).
3. Masuk ke CWM Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan (ponsel dalam keadaan mati) hingga muncul logo smartfren kemudian lepas tombol tersebut.
4. Pilih install zip (lihat gambar dibawah)

Unlock

5. Pilih chose zip from /storage/sdcard


Unlock

6. Pilih GSM C3.zip (file yang tadi dipindahkan ke memorry card)

Unlock

7. Tunggu hingga proses selesai

Unlock

8. Instal from sdcard complete (done).


Langkah merubah CDMA ke GSM

Lamhkah Pertama

1. Masuk ke Settings (pengaturan) dan pilih Mobile Data
2. Network Mode ubah ke Hybird


Langkah Kedua

1. Masuk ke Settings (pengaturan) lalu pilih Dual RIM/SIM settings
2. Sekarang pilih Disable GSM (non aktifkan SIM GSM) kemudian Reboot (restart)


Langkah ketiga

1. Sobat harus instal Aplikasi Any Cut yang tadi sudah di download
2. jika sudah, jalankan aplikasi Any Cut kemudial klik New Sortcut


Unlock

3. Kemudian pilih Activity

Unlock

4. Kemudian pilih network Settings (Setelan Jaringan) lalu OK

Unlock

5. Kembali ke Home Screen (layar awal) sobat akan muncul shortcut yang sudah dibuat dengan nama "network setting" atau "setelan jaringan" kemudian sobat buka shortcutnya
6. Kemudian cari Network Mode lalu pilih CDMA w/o Evdo atau CDMA/EvDo auto atau bisa juga EvDo only (silahkan pilih sesuka hati sobat).
Unlock


Langkah Kelima

Langkah yang terakhir ini memerlukan Reset Data (kembali ke pengaturan pabrik), jadi setelah semua proses di jalankan, handphone tidak langsung berubah fungsi tapi harus dilakukan yang namanya factory reset. Fungsinya untuk Memindahkan Network mode ke GSM only.

Sebelumnya saya sudah menyarankan untuk mem-backup data pada handphone sobat bukan? sekarang tinggal proses reset data saja. agar lebih mudah dan cepat lebih baik lewat menu recovery mode (CWM).
1. Matikan handphone sobat, kemudian tekan dan tahan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan hingga muncul logo Smartfren.
2. Jika data belum di Backup silahkan Backup terlebih dahulu.
3. Pada menu recovery silahkan pilih "wipe data/factory reset".
4. Kemudian pilih "yes" dan tunggu hingga proses selesai.

Jika proses sudah selesai, sekarang lanjut ke proses restore data, caranya:
1. Pada menu recovery pilih "backup and restore".
2. Kemudian pilih "restore from /storage/sdcard".

Unlock

3. Kemudian pilih file Backup yang ingin kita restore, dan tunggu hingga proses selesai.
4. Setelah selesai, pilih "Go Back" kemudian "reboot system now".

Selamat Handphone sobat sudah berhasil untuk digunakan ber-internet ria menggunakan kartu sim GSM. Jangan lupa untuk menyimpan SIM CARD Smartfrennya dan ganti kartu smartfrennya dengan kartu GSM.
Untuk mengembalikan ke posisi semula, yaitu mengaktifkan kembali kartu Smartfren (CDMA) sobat, ditunggu saja update-an artikel selanjutnya ya.

Cukup sekian dulu ya artikel tentang Cara Merubah CDMA Menjadi GSM Pada Andromax C3, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang ingin mengganti jaringan data dari CDMA ke GSM dan bagi semuanya.
Selamat Malam dan Salam Sukses Selalu.

Subscribe to receive free email updates: