Cara Menjalankan Bisnis Online Bagi Pemula

Bisnis Online Bagi Pemula (GapTek) - Mencari uang sampingan atau usaha sampingan dengan cara Menjalankan bisnis online (bisnis via internet) tidak jauh berbeda dengan menjalankan bisnis di dunia nyata.
menjalankan bisnis online

Jika anda punya warung atau toko di rumah atau di mall, dan anda menjual suatu barang kepada pembeli. Barangnya yang di jual ada, si penjual juga ada dan pembelinya pun juga ada..

Berarti sudah ada 3 komponen utama di bisnis offline:
1. Produknya
2. Penjual dan Pembeli
3. Toko atau lapak

Begitu juga sederhananya bisnis di dunia internet marketing (bisnis online). Internet marketing berarti memasarkan sesuatu produk kepada calon pembeli dengan memanfaatkan teknologi internet.

Sedikit berbeda dengan pemasaran secara offline, di pemasaran online antara penjual dan pembeli hampir tidak pernah berhadapan langsung, kecuali jika ada sistem COD (cash on delivery) yang artinya si penjual dan pembeli bisa salin bertemu dan bertransaksi secara langsung.

Jika bisnis offline dapat dijalankan dengan 3 komponen diatas, pada bisnis online ada 4 komponen penting. yaitu:

1. Produk.
Produk yang kita pasarkan dapat berupa baran ataupun jasa, kita juga dapat menjual produk milik kita sendiri atau menjual produk orang lain, nanti akan kita bahas macamnya dibawah.

2. Penjual dan Pembeli
Adalah orang yang sama sama saling membutuhkan, penjual membutuh kan pembeli untuk membeli barang yang di jualnya dan pembeli membutuhkan barang atau jasa dari si penjual.Transaksi ini dapat dilakukan dengan cara Bertemu secara online dalam melakukan transakti. Atau bisa juga bertemu langsung dengan pembeli jika memungkinkan.

3. Toko
Toko di dunia online ini berbentuk website atau blog, ada banyak website yang bertebaran di dunia online yang menyediakan lapak untuk menjual produk kita secara gratis maupun berbayar.
sebagai conto: Tokopedia.com, olx.com, bukalapak.com dan lain lain.

4. Internet
Segala bentuk transaksi yang dilakukan mulai dari penawaran hingga pembayaran dilakukan dengan menggunakan internet.
Manfaatnya antara lain: Menghemat waktu, biaya, tenaga dan sistem dapat berjalan secara otomatis.

Produk apa saja yang bisa dijual di internet?


Jawabanya: Hampir semua produk yang kita kenal sebenarnya dapat di jual secara online. baik itu berupa produk barang RIIL, maupun produk JASA INFORMASI.

Produk Riil dapat berupa elektronik, perangkat komunikasi, fashion, makanan, barang kebutuhan rumah tangga, kebutuhan mewah seperti mobil, rumah, apartemen, hingga produk farfum, dan lain lain. Menjual produk barang Riil di internet dapat dikenal dengan istilah "Toko Online".

Produk informasi dapat berupa jasa pemasangan iklan, jasa pencucian baju, keahlian merawat bayi, keahlian menularkan ilmu bisnis online, keahlian jasa konstruksi, keahlian mengajarkan komputer, keahlian bahasa inggris, keahlian membuat website, dan jasa informasi lain yang sangat banyak jika dirinci secara keseluruhan..

Bahkan di Amerika Serikat sana, ada bisnis online jasa "Petunjuk Lokasi Toilet" yang nyaman dan terdekat dari posisi kita ketika sedang berada di jalan. hehehe.., ada ada aja ya!!!

Contoh salah satu produk informasi bisa coba mengunjungi situs: Rahasia Website Pemula

Umumnya, produk jasa keahlian tersebut dikemas dalam sebuah buku dan dijual secara online berbentuk digital (Ebook). Produk bisa di download, bebas biaya ongkos kirim dan hemat waktu dan tenaga.

Bagaimana dengan Jarak dan Waktu kerja kita???


Bisnis online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.Anda bisa berhubungan dengan konsumen dimanapun dia berada, baik didalam maupun diluar negeri. Anda bisa melakukan penawaran, menerima pembelian, atau berkomunikasi dengan konsumen kapanpun selama 24jam sesuai dengan keinginan anda.

Lalu, Bagaimana jika Saya tidak punya produk sendiri???


Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Produk di internet bisa menggunakan produk kita sendiri, juga bisa memanfaatkan produk orang lain.

Jika anda tidak punya produk sendiri, anda bisa menjual produk orang lain (Affiliate). Sedikit informasi, ada ribuan pelaku bisnis online di dunia ini umumnya tidak memiliki produk sendiri. Mereka umumnya hanya menjual produk orang lain. Semacam menjadi agen atau distributor (kalo di bisnis offline).

Intinya, di Bisnis Online kita bisa dapat uang dari 2 produk. yaitu:
1. Produk sendiri (Product Creation):
a). Toko Online
b). Produk Informasi
Baca juga: Program Afiliasi PPS Indonesia Yang Cocok Untuk Blogger Pemula
2. Produk Orang Lain (Program Affiliate):
a). Affiliate PPS (Pay Per Sale)
b). Affiliate PPL (Pay Per Lead)
c). Affiliate PPC (Pay Per Click)

Affiliate PPS -> Komisi didapat jika terjadi penjualan dari produk orang lain yang di jual melalui link affiliate Anda.
Affiliate PPL -> Komisi didapat dengan hanya merefrensikan kepada orang lain.
Affiliate PPC -> Komisi didapat jika ada yang meng-klik iklan dari program PPC yang Anda pasang di website atau blog Anda.


Dari Mana Saya Dapat Duitnya???


Jika kita punya produk sendiri, maka kita dapat duit dari produk yang dibeli oleh konsumen. Biasanya sistem pembayaran menggunakan transfer antar bank.

Jika kita menjual produk sendiri melalui Toko Online, Maka barang baru akan kita kirim setelah menerima uang dari pembeli yang masuk ke rekening kita. Pembeli men-Transfer sejumlah uang sesuai harga barang plush ditambah biaya ongkos kirim. Hal ini sudah menjadi kesepakatan umum di internet. Dengan mekanisme seperti itu, banyak pemilik Toko Online awalnya hanya bermodalkan foto produk dan tidak perlu menyetok barang di rumahnya.

Jika kita menjual produk sendiri berupa produk informasi, maka produk tersebut bisa dikemas ke dalam bentuk file Ebook (Electronic book) atau file ZIP/RAR. Pembeli cukup dengan men-transfer sejumlah uang ke rekening kita dan men-download filnya. Kita hanya perlu mengirimkan pasword Ebook tersebut setelah pembayaran masuk ke rekening kita. Dengan mekanisme seperti ini, maka pemilik produk informasi cukup membuat produknya sekali saja, namun penjualan bisa terjadi puluhan kali, ratusan kali, bahkan hingga ribuan kali. Kerja anda hanya keras di awal saja dan bisa menikmati hasil di akhirnya.


Selanjutnya, Jika kita menjual produk orang lain (affiliate), maka kita akan mendapat komisi dari pihak perusahaan yang punya produk tersebut. Komisi affiliate ini biasanya cukup besar, yaitu sekitar 20% hingga 70% dari harga produk. Tentu semuanya tergantung kebijakan dari perusahaan tersebut.

Sistem pembayaran komisi melalui transfer antar bank untuk pasar Nasional, Sedangkan Dollar dapat menggunakan PayPal atau Via Cek yang dikirim ke rumah kita.

Pembayaran komisi affiliate ada yang harian, mingguan atau bulanan. Tergantung kebijakan Perusahaan affiliate.

Demikian sedikit ulasan dari Dzatmiko Blog tentang Cara Menjalankan Bisnis Online Bagi Pemula, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi buat anda. "Sukses buat kita yang mau berusaha"

banner rwp

Subscribe to receive free email updates: