Manfaat Madu Bagi Kesehatan

madu
Manfaat Madu Bagi Kesehatan - Manfaat madu sangat banyak sekali, selain untuk kesehatan madu juga bermanfaat untuk berbagai penyakit dan keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia. Seperti Firman Alloh dalah Al-Qur'an dan Sabda Rasulullah S.A.W dalam Hadist:

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, bahwa seseorang datang kepada Nabi S.A.W, dan mengadu, "Wahai Rasulullah, saudaraku terkena diare". Rasulullah SAW kemudian bersabda, "Minumkanlah madu kepadanya". Orang itupun kemudian meminumkan madu kepada saudaranya. Akan tetapi, ia kemudian datang lagi kepada Nabi dan mengadu untuk kedua kalinya, "wahai Rasulullah, aku sudah meminumkan madu kepadanya, tetapi diarenya justru semakin parah". Nabi SAW pun bersabda lagi, "Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya". Orang tersebut pun lantas meminumkan madu lagi kepada saudaranya itu. Ia pun kembali datang mengadu, "wahai Rasulullah, minum madu justru semakin memperparah diarenya". Rasulullah SAW kemudian bersabda, "Maha benar Allah dan telah berdusta perut saudaramu. Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya". Orang tersebut lantas pergi, dan meminumkan madu kepada saudaranya. dan tak lama kemudian, saudaranya itu pun sembuh.

Dalam kitab Ath-thibb minal Kitab was Sunnah, Muwafiquddin Al Baghdadi mengatakan, “Rasulullah SAW biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut masih kosong”.

Rasulullah SAW bersabda,” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu)
Sumber: Buku: Terapi Dengan Madu oleh Shubhi Sulaiman.

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan". (QS An- Nahl: 69).

Dari Ibnu Abbas R.A. dari Rasulullah S.A.W. :
"Kesembuhan dari penyakit itu dengan melakukan tiga hal : berbekam, minum madu dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu". (HR. Shahih Bukhari).

Manfaat madu untuk kesehatan begitu banyak dan sangat beragam. Salah satu manfaat madu yakni bisa menambah stamina tubuh kita. Jadi tidak heran jika banyak sekali iklan makanan dan minuman sehat penambah stamina di TV selalu menempatkan madu pada produknya walaupun dengan kadar yang kecil.

Berikut adalah beberapa Manfaat Madu untuk mengatasi dan membantu masalah kesehatan:
1. Menghilangkan Batuk
2. Mencegah Kangker dan Penyakit Jantung
3. Meningkatkan daya ingat
4. Sumber nutrisi yang lengkap
5. Menghilangkan bekas luka
6. Metabolisme Alkohol
7. Menghilangkan alergi
8. Memerangi Bakteri
9. Berpotensi mencegah rendahnya jumlah sel putih
10. Meningkatkan metabolisme tubuh
11. Meningkatkan kesuburan Suami dan Istri (Pasutri)
12. Meningkatkan Stamina

Selain itu Madu juga sangat efektif untuk:
1. Mengatasi alergi
2. Mengatasi sakit perut
3. Mencegah stress
4. Mengurangi risiko serangan jantung
5. Mencegah resiko penyakit alzheimer
6. Mencegah penyakit kuning
7. Mencegah tumor di berbagai bagian tubuh

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari madu yang belum tertuliskan diatas, namun dengan adanya Dalil Shahih dalam Al-Qur'an dan Hadist tersebut diatas kita harus percaya dan meyakini bahwa madu adalah obat dari berbagai macam penyakit.

Demikian artikel tentang Manfaat Madu Bagi Kesehatan, mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan yang di sengaja ataupun tidak.

Subscribe to receive free email updates: