Cara Mengatasi Handphone yang tercebur Air

Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, bukan hanya di kalangan orang dewasa tapi anak-anak pun sudah mampu dan mengerti tentang cara mengoperasikan handphone. Tak hanya disetiap kota saja, pelosok hingga pedalaman desa pun sudah banyak yang menggunakan handphone, asalkan di daerah tersebut terdapat jaringan selular.

Karena handphone sudah menjadi kebutuhan pokok, tak heran jika setiap saat, setiap waktu bahkan setiap detik handphone selalu ada di tangan kita atau di saku kita. walaupun kita sedang mencuci pakaian, mencuci piring bahkan ke kamar mandi, tak sedikit orang yang membawanya. Dan sebenarnya resiko handphone tersebut jatuh dan kecebur air sangat lah besar.

Dari beberapa pasien yang datang membawa handphone dalam keadaan mati total (matot) 80% dari mereka banyak yang mengatakan bahwa handphone nya mati karna kecebur air dan 20% mati karna terjatuh.
tercebur air

Disini Dzatmiko Blog akan membahas tentang Cara Mengatasi Handphone Kecebur Air. Yang jadi pertanyaan, "Apakah handphone bisa mati total jika terkena air atau kecebur air?". Jawabnya adalah "Tidak". Asalkan saat handphone tercebur air, kita dengan cepat melepas battre yang terpasaang pada handphone.

Langkah yang perlu di lakukan adalah:
1. Jika handphone sobat tercebur air jangan panik dan putus asa, tapi cepat lepas battre yang terpasang di hp sobat.
2. Buka kesing handphone sobat, jika tidak punya obeng tuk membuka bisa pinjam ke konter hp yang terima service hp atau bisa membelinya di tempat accesoris hp atau di tempat accesoris yang menyediakan obeng (gunakan saja obeng yang multi fungsi yang ada banyak mata obengnya).
3. Keringkan hp dengan menggunakan hair dryer (pengering rambut), jika tidak punya hair dryer bisa juga kita taruh di depan kipas angin.
4. Cara no 3 diatas membutuhkan waktu yang lama dan menurut saya kurang efektif. Untuk lebih efektifnya setelah kesing hp di buka, lepas LCD, Speaker, kamera dan alat pendukung lainnya kemudian rendam di dalam tiner. Thiner yang di gunakan pun harus thiner yang bagus, yang Dzatmiko Blog gunakan adalah merk thiner INPALAH (bukan APALAH-APALAH lho ya, hehehehe).

"kenapa harus di rendam di thiner? apa ga malah mati tuh hp kalo di rendem di thiner?"

Pertanyaan yang sangat bagus. Thiner berfungsi untuk mengangkat keluar air yang berada di bawah IC, air yang bersembunyi di bawah IC ini lah yang bisa merusak dam membuat short (Konslet) arus tegangan yang mengalir.
Setelah PCB di rendam dan dicuci mengunakan thiner, kemudian keringkan menggunakan hair dryer atau di anginkan menggunakan kipas angin.

Untuk LCD yang di dalam layar ada airnya bisa di keringkan dengan cara di jemur di bawah terik matahari. jika LCD terlihat tidak basah bisa langsung di pasang.

"Banyak yang mengatakan kalo handphone tercebur air lebih baik di bongkar kemudian di jemur dibawah terik matahari, dan menurut saya itu kurang baik dan resiko untuk handphone kembali normal itu sedikit. Kenapa??? PCB handphone yang terkena air jika di jemur dibawah terik matahari akan membuat kaki-kaki komponen menjadi korosi (karatan), dan mengakibatkan komponen terputus dari jalurnya".

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan sobat yakin bahwa handphone sobat sudah benar-benar kerin dari air, silahkan sobat pasang lagi handphone yang semula di bongkar dan coba nyalakan handphone sobat apakah nyala seperti semula atau tidak. cek battre apakah battre kosong atau terisi sebelum mencobanya.


Perlu diketahui!!!
Tercebur dan Terendam itu berbeda ya sob, Tercebur adalah bersifat sementara dan tidak memakan waktu lama hanya dalam hitungan detik. Sedang kan terendam adalah waktu yang lumayan cukup lama.


Demikian artikel dari Dzatmiko Blog tentang Cara Mengatasi Handphone yang Tercebur Air.. mohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan, semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates: