Cara Mengatasi Handphone Sering Panas dan Battre Cepat Habis

Cara mengatasi handphone sering panas dan Battre Cepat Habis-Di jaman yang serba moderen ini sudah tak asing lagi dengan alat-alat elektronik yang serba canggih, perkembangannya yang begitu cepat dan merk-merk yang bersaing ketat membuat masyarakat tak mau ketinggalan dengan alat elektronik masa kini.

blog diagram handphone

Smartphone contohnya, jaman dulu handphone hanya dapat di fungsikan untuk media komunikasi seperti SMS dan Telpon. Tapi dijaman yang serba moderen ini handphone bukan hanya berfungsi untuk SMS dan Telpon, bisa digunakan untuk foto, play mp3, play game dan lain-lain. Dan tak sedikit orang yang mengeluh karna handphone nya sering panas.

Ada beberapa orang yang bertanya "Mas kenapa ya hp saya sering panas kalo lagi buat browsing?", dan ada juga yang bertanya "Mas handphone saya sering panas kalo di taruh di kantong (saku) celana kenapa ya?". Sebenarnya semua jawaban dari pertanyaan di atas adalah karna faktor Signal (sinyal), sinyal yang tidak stabil (naik-turun), sinyal yang tidak full.
Pengalaman saya dulu menggunakan Blackberry Gemini 8520, battre masih penuh karna habis di cargh saya taruh di kantong celana jeans. Kurang dari 30menit handphone saya langsung panas dan battre langsung habis. Itu lah penyebab kenapa battre cepat habis dalam waktu singkat hanya karna faktor sinyal.

"Kenapa penyebab dari handphone sering panas itu karna Sinyal?"
Jika sinyal tidak stabil (naik-turun) maka IC PA (IC Power Amplifier) harus bekerja lebih keras untuk mencari jaringan, hal ini membutuhkan daya yang lebih besar pula. Jika hal ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan hp panas dan batre cepat habis.

"Kenapa saat browsing batre cepat habis dan hp terasa panas?"
Karena jaringan handphone smartphone terbagi menjadi dua: Jaringan selular dan Jaringan Data (3G, 2G,  EDGE,). Sama seperti penjelasan diatas, pada saat smartphone menjalankan browsing, maka jaringan data bekerja dan IC PA harus bekerja 2x lebih keras, dan yang pasti membutuh kan daya yang besar pula. Maka dari itu batre cepat habis dan kemungkinan besar hp akan terasa panas karna IC PA bekerja sangat keras,


Baca juga:
Cara Instal Aplikasi Whatsapp dan BBM di PC/Laptop
Cara Mengatasi Handphone yang tercebur Air


Solusinya:

  1. Jika pada saat kita pergi ke suatu tempat dan jaringan ponselnya kurang baik (tidak stabil) sebaiknya matikan jaringan data atau rubah ke mode penerbangan atau matikan handphone. fungsinya agar battre tidak cepat habis dan handphon tidak panas dan juga handphone tidak cepat rusak di bagian sinyal (IC PA).
  2. Untuh HP Smartphone sebaiknya gunakan aplikasi online seperlunya saja, yang kurang penting sebaiknya tidak di aktifkan dan hanya di aktifkan saat kita memerlukannya saja.
  3. Jika sinyal baik dan jaringan data selular tidak aktif tapi handphone masih sering panas dan batre cepat habis, coba ganti battre nya dengan battre baru. Jika battre masih cepet habis juga berarti hp tersebut ada yang short (konslet) pada komponennya. solusinya ya bawa ke konter service terdekat.

Demikian artikel dari Dzatmiko Blog tentang Cara Mengatasi Handphone Sering Panas dan Battre Cepat Habis, jika ada pertanyaan silahkan coret-coret di kolom komentar dibawah. Semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: