Cara Analisa Handphone Matot Dengan Power Supply

Analisa ponsel dengan power supplay- Power Supply adalah perangkat keras yang mampu merubah arus teganga AC ke DC (arus bolak-balik ke arus searah). Power supply biasa disebut dengan Adaptor oleh banyak orang, dan kegunaan power supply adalah mampu menjalankan alat elektronik dengan daya arus sesuai Power Supply itu sendiri, Contor: power supply dapat menjalankan dinamo mainan (dinamo tamiya), menyalakan radio dan sebagai pengganti batu battre untuk mainan anak-anak.

power supply


Disini Dzatmiko Blog ingin berbagi tentang Cara Analisa Handphone Matot Dengan Power Supply, dan pada artikel sebelumnya saya sudah berbagi tentang Cara Analisa Handphone Mati menggunakan Multitester (AVOMETER).

Handphone mati bisa disebabkan oleh Hardware (HW) dan Software (SW)
Langkah pertama pengecekan dengan power suply, apakah ponsel mati karena Hw or Sw.
Caranya:

  1. Pasang kabel dari power supply ke konektor battre ponsel dengan urutan warha hitam (-) , warna hijau BSI dan warna merah (+)
  2. Beri tegangan pada power suplly 3,7 V.
  3. Ponsel dalam keadaan off, lalu tekan tombol on/off. 
  • Jika jarum Ampher saat ditekan tombol on/off diam saja dan tidak bergerak sama sekali, berarti ada masalah pada hardware nya (HW) cek jalur on/off sampai IC Power.
  • Jika jarum Ampher saat ditekan tombol on/off, naik sekitar 50 mA atau 0,5 A, maka problem yang terjadi adalah masalah software (SW), maka yang perlu dilakukan adalah HP di Instal ulang (flash).
  • Jika sebelum tombol on/off ditekan jarum ampher sudah naik, berarti ada komponen handphone yang short. lakukan pengecekan komponen dengan multitester (AVO Meter)


Untuk lebih jelas dan detail nya tentang analisa handphone dengan power suplly silahkan baca  Tabel Analisa Ponsel Menggunakan DC Power Supply.

Baca juga :
Perbedaan PWB Handphone dengan PCB Elektronik Biasa
Nama-nama Komponen Pada Handphone dan Fungsinya
Cara Analisa Jalur dan Komponen HP Menggunakan Multitester

Demikian Artikel tentang Cara Analisa Handphone Matot Dengan Power Supply, Semoga bermanfaat.
Salam Blower.

Subscribe to receive free email updates: