Cara Angkat dan Pasang IC PA (Power Amplifier)

Mencabutan dan Pemasangan IC PA


Dalam menangani IC PA harus ekstra hati-hati karena komponen ini sangat mudah mati (rusak) bila terlalu lama dalam proses pemasangannya, suhu Hotair jangan terlalu panas karena akan mengakibatkan kerusakan pada PA bahkan HP bisa menjadi mati total yang diakibatkan karena PA menjadi short (konslet).

Baca juga:
Cara Angkat Cetak Pasang IC Handphone Dengan Mudah
Cara Angkat dan Pasang IC EMIF
Cara Mengangkat IC BGA yang di Lem Perekat

Berikan Flux secukupnya pada bagian atas dan samping IC PA.
Panaskan IC PA menggunakan Hotair secara memutar ke bagian samping badan IC PA, biarkan dan tunggu hingga timah mencair agar anda dapat dengan mudah mengangkatnya. Angkat IC PA menggunakan Tweezer/Pinset.

IC PA

Ratakan timah pada PWB menggunakan Solder, Berikan sedikit timah pada kaki jalur PWB secukupnya. Pengerjaan yang seharusnya bila kita mengganti IC PA yang baru harus menggunakan LGA, akan tetapi dikarenakan susah untuk mendapatkan LGA dipasaran maka sebaiknya kita dapat memberikan timah pada kaki-kaki IC PA secara merata.

IC PA

Setelah PWB dibersihkan selanjutnya anda berikan Flux secukupnya pada PWB. IC PA jangan langsung ditempelkan kepada PWB, sebaiknya anda panaskan terlebih dahulu permukaan PWB hingga timah mencair. Setelah timah terlihat mencair, dengan segera IC PA di tempelkan pada PWB.

IC PA

Panaskan IC PA menggunakan Hotair dengan cara mengelilingi bagian samping dan tengah, dan berikan tekanan pada IC PA menggunakan pinset agar kaki-kaki IC PA benar-benar menempel. Anda yakinkan IC PA telah terpasang dengan benar dan presisi.

IC PA

Kemudian tahap terakhir tinggal anda bersihman menggunakan sedikit thiner dan sikat hingga bersih.
Cukup mudah bukan? ketimbang melepac IC yang lainnya.

Demikian artikel dari Dzatmiko Blog tentang Cara Angkat dan Pasang IC PA (Power Amplifier), Semoga dapat bermanfaan.

Subscribe to receive free email updates: