Cara Analisa Jalur dan Komponen HP menggunakan Multitester

TEKNIK DASAR SERVICE HP 3


Next artikel membahas tentang Cara Analisa Jalur dan Komponen HP menggunakan Multitester. Komponen inilah yang rentan dengan kerusakan dan masalah-masalah lain. langsung saja kita simak:

multitester


1. IC PA (POWER AMPLIFIER)
Untuk pengecekan jalur VBatt IC PA kita gunakan multitester pada kalibrasi X1.
Caranya:
Hubungkan kabel merah (+) dari multitester ke konektor baterai positif (+) pada papan PWB dan kabel hitam (-) multitester pada konetor baterai negatif (-), perhatikan jarum akan bergerak. Jika jarum tidak bergerak berarti ada putus jalur (cek jalur VBatt sampai IC PA).

Kemudian pengecekan dibalik kabel merah(+) ke konektor negative(-) baterai, dan kabel hitam ke konektor positif(+) baterai, perhatikan jarum harus diam dan tidak bergerak. Ini menandakan bahwa jalur positif VBatt ke IC PA dalam keadaan baik, tapi jika analisa tidak seperti diatas atau jarum bergeran maka jalur positif VBatt ke IC PA terjadi hubungan singkat (short) atau konslet.

2. IC POWER SUPPLY
Atur kalibrasi pada X1, hubungkan kabel hitam (-) multitester pada konektor baterai positif(+) dan kabel merah(+) pada kaki positif(+) ELCO yang berhubungan langsung dengan arus masuk ke IC P S , perhatikan dan pastika jarum bergerak, jika jarum bergerak berarti jalur dari positif baterai ke IC PS baik.

3.IC CHARGER
Atur kalibrasi pada DC10V. Lalu hubungkan charger yang dialiri arus listrik kekonektor chager di ponsel.Lalu hubungkan kabel merah (+) multitester pada konektor baterai positif(+) dan kabel hitam (-) pada konektor baterai negative(-), jarum akan menunjukkan nilai arus yang sesuai dengan tagangan yang ada pada baterai, berarti IC CHARGER dalam keadan baik.

4. IC INTERFACE
Atur kalibrasi pada X1. Hubungkan kabel hitam (-) multitester pada konektor positif(+) baterai, dan kabel merah (+) pada salah satu kaki lampu, jika lampu menyala berarti IC INTERFACE dalam kondisi baik.

5. VIBRATOR
Atur kalibrasi padaX1 hubungkan kabel hitam (-) pada salah satu kaki vibrator dan kabel positif (+) pada kaki vibrator yang satunya, pastikan vibrator bergerak (bergetar) jika tidak bergerak, lakukan pengecekan terbalik dan pastikan vibrator bergetar.

6. BUZZER
Atur kalibrasi pada X1, letakkan kabel hitam (-) padakonektor positif baterai dan kabel positif (+) pada salah satu kaki buzzer, jarum bergerak dan buzzer berbunyi, berarti jalur dan buzzer baik.

baca juga :
TEKNIK DASAR SERVICE HP 1

TEKNIK DASAR SERVICE HP 2

7. LAMPU LED
Atur kalibrasi pada X1 hubungkan kabel hitam (-) padakonektor positif(+) baterai, dan kabel merah (+) pada salah satu kaki lampu, jika lampu menyala berarti jalur dan lampu dalam keadaan baik.

8. Condensator (ELCO)
Atur kalibrasi pada x1, hubungkan kabel hitam pada (-) pada konektor positif(+) baterai, dan kabel merah (+) pada kaki positif(+) ELCO yang berhubungan langsung ke positif baterai, jarum bergerak berarti jalur ke ELCO baik.

9. MENGUKUR FUSE (SEKRING) MUNGKIN RUSAK
Atur kalibrasi pada x1, Hubungkan kabel merah (+) pada salah satu kaki R fuse, dan kabe hitam pada kaki satunya lagi, jarum akan bergerak berarti fuse dalam keadaan baik dan sebaliknya.

10. CARA MENGUKUR DENGAN MENGGUNAKAN MULTITESTER
* Jika sobat mengukur jalur atau komponen menggunakan OHM METER (x1, x10, x100, x1K) maka jalur atau komponen handphone harus dalam keadaan mati tanpa arus.
* Apabila pengukuran Arus DC (baterai) kita harus menggunakan kalibrasi pada DC Volt (10V, 50V, 100V, 250V) dan handphone harus dalam kondisi dialiri arus.

Demikian penjejalas tentang Cara Analisa Jalur dan Komponen HP menggunakan Multitester, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Subscribe to receive free email updates: