Pengertian dan Macam-Macam Virus Android Serta Cara Mengatasinya

Pengertian dan Macam-Macam Virus Android Serta Cara Mengatasinya - Virus adalah sebuah program yang di buat atau di desain khusus untuk menyerang celah keamanan sistem operasi pada handphone. Tujuan utama virus adalah untuk menghancurkan sistem operasi dan mencuri segala data- data yang ada di dalam handphone dan dapat menyebabkan kegagalan system. Jika virus sudah merajalela dan tidak dengan segera membersihkannya maka lama kelamaan virus tersebut akan berkembang biak lebih banyak ditandai dengan performa handphone yang tidak stabil dan sering lemot, kapasitas memory internal/ eksternal tiba tiba penuh padahal isi file hanya sedikit dan handphone sering hang dan lemot. Jika sudah seperti itu masih di biarkan saja maka bias terjadi kegagalan system, biasanya handphone tiba tiba mati dan jika dinyalakan hanya diam di logo dan tidak dapat masuk ke menu system, lebih parahnya lagi handphone bias mati total (matot).

macam-macam virus android


Berikut ini adalah Pengertian dan Macam-Macam Virus Android

1. Hipposms Virus
Malware atau virus Hipposms adalah virus yang beraksi dengan cara menyedot pulsa hp, cara kerjanya yaitu dengan cara mengambil alih SMS pada handphone sobat kemudian mengikuti layanan SMS berbayar. Pernahkah sobat merasa tidak pernah mengikuti layanan sms tertentu dan tiba-tiba menerima SMS berbayar? jika pernah, bisa jadi pelakunya adalah Hipposms ini. Sama seperti sms berbayar lainnya, Sobat akan selalu menerima SMS berbayar yang akan selalu memotong pulsa hp sobat. Meskipun Virus Hipposms ini sudah hilang dari handphone Android sobat, namun sobat masih sering menerima SMS berbayar tersebut, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membersihkannya dengan antivirus atau mengganti nomor baru.

2. Trojan Obad
Virus Trojan Obad adalah virus yang bisa dibilang paling ganas diantara virus lainnya, Virus Trojan ini pertama kali diidentifikasi oleh Kaspersky, sebuah perusahaan penyedia keamanan digital asal Rusia. Virus ini menggunakan nama “Backdoor.AndroidOS.Obad.a” atau memiliki nama singkat "Obad". Seperti yang dilansirkan oleh republika.co.id, bila Sekali saja ponsel sobat terinfeksi oleh virus ini, maka kalian tidak bisa menghapus Obad dari perangkatmu dengan mudah begitu saja.

“Jenis Trojan yang satu ini memiliki fitur unik yang mengambil alih seluruh fungsi dari smartphone yang terinfeksi,” ucap Roman Unuchek, salah seorang ahli Kaspersky, seperti yang dilansir Mashable dikutip jeruknipis.com, Jumat (7/6).

Bila perangkat sobat telah terinfeksi virus tersebut, maka smartphone Android sobat akan mengirimkan SMS dalam jumlah banyak ke nomor-nomor premium, mengunduh malware lain, lalu meng-install-nya di dalam smartphone yang telah terinfeksi. Hebatnya lagi, virus ini akan memperbanyak diri dengan menginfeksi smartphone sekitar dengan menggunakan fasilitas Bluetooth.
Baca juga:
Virus Pencuri Data Pada Android dan Malware Terbaru Bisa 'HANCURKAN' Handphone Android Lewat Pesan SMS

3. Virus Android Lainnya
Andr/ BBridge- A, pada virus BBridge-A ini, handphone sobat akan diambil alih hak nya untuk menginstall aplikasi tambahan tanpa sepengetahuan dan ijin sobat sendiri.

Andr/ BatteryD- A, virus ini menyerang baterai sehingga baterai handphone sobat cepat habis. Dengan cara mengirimkan lalu lintas data dan mendownload aplikasi tanpa izin, dan spam iklan.

Andr/ Dresheep- A, kalo virus yang satu ini menyerang sistem aplikasi sosial media sobat, jika sobat pernah mengalami akun sosial media seperti facebook dan twitter sobat yang update status atau tweet sendiri bisa jadi karena virus ini atau sobat mengijinkan akses aplikasi yang tidak jelas pada akun sosial media sobat.

Tips Mencegah Virus di Android:

  1. Berhati hati dalam memilih aplikasi pada playstore, gunakan playstore milik Google karena semua aplikasi yang terdaftar pada playstore 100% bebas dari virus.
  2. Pastikan sobat memilih developer yang terpercaya, seperti Developer Google atau nama developer terpercaya lainnya.
  3. Matikan Bluetooth handphone Android sobat, dan berhati hati dalam menerima berkas dari sembarang handphone, pastikan handphone si penerima atau pengirim berkas aman dari virus
  4. Hapus aplikasi aplikasi yang tidak jelas pada Smartphone Android sobat. Jika sobat tidak merasa pernah menginstall aplikasi tersebut atau aplikasi tersebut asing menurut sobat dan tidak bermanfaat lebih baik untuk menghapusnya.
  5. Pasang Antivirus, agar handphone tetap terjaga dan terlindungi dari virus berbahaya. Saya sarankan untuk menggunakan Aplikasi Anti Virus yang berbayar dan update selalu antivirus tersebut.

Jika dirasa handphone sobat sudah terinfeksi virus dan virus tersebut sudah meraja lela dan mengakibatkan performa handphone berkurang dan sering hang, maka segera lakukan Hard Reset (kembali ke pengaturan pabrik), jika tidak dapat melakukan Hard Reset berarti virus sudah mulai merusak sistem, dan segera lakukan flashing ulang os (instal ulang os) android sobat.

Demikian lah Pengertian dan Macam-Macam Virus Android Serta Cara Mengatasinya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua agar lebih berhati hati dalam menggunakan smartphone android. Salam

Subscribe to receive free email updates: