6 Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN

Pasar Bebas ASEAN (MEA) - adalah perjanjian perdagangan bebas untuk kawasan Asia Tenggara. Diberlakukannya perjanjian ini berarti produk dari negara lain di Asia Tenggara dapat membanjiri pasar Indonesia. Begitu juga dengan produk yang Anda tawarkan. Anda dapat memasarkan produk kebanggaan Anda ke negara lain di kawasan Asia Tenggara dengan lebih mudah.

Sekilas tentu hal ini terdengar menggiurkan. Namun sebaiknya Anda jangan terlena. Jika Anda tidak bersiap-siap dari sekarang, bisa jadi perjanjian dagang ini malah akan membuat bisnis Anda tergusur karena kalah saing.

Apa yang dapat Anda lakukan? Di bawah ini kami memiliki beberapa tipsnya.


1. JAGA KUALITAS PRODUK
Kualitas produk harus selalu Anda jadikan prioritas utama. Anda tidak mungkin memenangkan persaingan tanpa produk berkualitas baik. Kami mengerti bahwa serbuan produk asing dapat membuat nyali ciut. Namun percayalah, Anda akan memenangkan persaingan jika konsisten menjaga kualitas produk yang Anda tawarkan.

Apakah Anda mampu menahan serbuan produk asing? Tidak perlu ciut, kualitas produk Anda akan menentukan jawabannya.

2. KEMASAN YANG MENARIK
Pasar Bebas ASEAN

Selain kualitas produk, kemasan produk yang menarik sebaiknya tidak luput dari perhatian Anda. Kemasan adalah salah satu faktor pendorong konsumen dalam melakukan pembelian. Banyak produk potensial karya anak bangsa kalah dari produk asing hanya karena kemasan yang buruk. Kreasikan kemasan Anda, namun tetap pastikan isi produk Anda aman sampai di tangan pelanggan.

Produk yang sukses di pasaran membutuhkan pancingan visual yang baik, terutama dari segi desain kemasan. Sudahkah nama produk, kemasan, desain logo, maupun desain website Anda layak dijadikan standar?

3. HARGA MURAH
Pasar Bebas ASEAN
Produk dengan harga murah, terutama yang diimbangi dengan kualitas baik, pasti selalu dicari pelanggan. Coba lihat produk buatan Tiongkok. Mereka unggul karena harga jual yang lebih rendah dibandingkan produk dari negara lain. Anda perlu mencari cara untuk menekan biaya produksi se-efisien mungkin agar produk Anda dapat bersaing di pasaran dengan harga lebih murah.

Tekan biaya, maksimalkan produktivitas. Mengapa tidak? Lihat bagaimana Niagahoster.co.id memberikan garansi harga murah.

4. JAGA LOYALITAS PELANGGAN
Pasar Bebas ASEAN
Pelanggan setia akan tetap loyal terhadap produk Anda, meskipun muncul banyak produk lain yang serupa dengan produk Anda di pasaran. Bahkan, mereka berpotensi meningkatkan jumlah pelanggan Anda melalui rekomendasi serta review positif kepada orang-orang di sekitar mereka.

Mengapa Anda pikir ini sulit? Loyalitas pelanggan di era mobile saat ini dapat dijaga dengan hanya berbekal media sosial. Lihat bagaimana maskapai JetBlue (dan banyak perusahaan besar lain) menjaga loyalitas pelanggannya melalui Twitter (http://blog.hubspot.com/marketing/jetblue-customer-service-twitter). Anda pun dapat melakukannya!

5. PASARKAN SECARA ONLINE
Pasar Bebas ASEAN
Peluang memasarkan produk Anda secara online masih terbuka lebar. Bayangkan saja, lebih dari 3 miliar orang mengakses internet setiap harinya. Mengapa produk Anda tidak ada di sana untuk dilihat lebih banyak orang? Jika Anda merasa terlalu awam akan hal ini, setidaknya Anda dapat mulai membuat website serta email bisnis terlebih dahulu (percayalah, Anda bisa mendapatkannya dengan biaya sangat murah), baru kemudian merambah model promosi online lain seperti blog, Youtube, hingga Google Ads.

Ini nyata! Anda dapat kehilangan pelanggan jika bisnis Anda tidak online. Bingung untuk memulai? Mulai dengan nama domain dan website untuk profil bisnis Anda.

6. PERKUAT JARINGAN & KERJASAMA
Pasar Bebas ASEAN
Jaringan serta kerjasama yang kuat dapat membawa bisnis Anda ke level lebih tinggi. Anda bisa mulai merangkul komunitas hingga asosiasi bisnis yang berhubungan dengan pangsa sasaran Anda.

Ada banyak komunitas untuk berbagi informasi serta kerjasama secara online. Beberapa di antaranya adalah bisnisukm.com, smartbisnis.co.id, kpmi.or.id, komunitastravel.com, dan masih banyak lagi. Di samping itu, mengapa tidak Anda coba kerjasama melalui program afiliasi? Sedikit bocoran: dapatkan perhatian mereka dengan berbagi alamat email dan website bisnis Anda!


Di Niagahoster, Anda akan mendapatkan layanan hosting Indonesia dengan disk space dan bandwidth unlimited. Garansi 30 hari uang kembali dengan fasilitas domain gratis selamanya. Pilih paket hosting Anda sekarang juga

Demikian adalah 6 Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Menghadapi Pasar Bebas ASEAN, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses selalu.

Subscribe to receive free email updates: