Inilah Jenis-jenis dan Pengertian Virus Komputer beserta bahayanya

Jenis-jenis dan Pengertian Virus Komputer - Virus komputer adalah sebuah program yang di buat atau di desain khusus untuk menyerang celah keamanan sistem jaringan komputer. Umumnya penyebaran virus dengan executable file (file. Exe). Tujuan utama virus adalah untuk menghancurkan sistem komputer dan mencuri segala data-data yang ada di dalam komputer dan dapat menyebabkan pemilik komputer kerugian puluhan ribu bahkan jutaan rupiah untuk memulihkan kembali sistem komputer mereka.

Sama halnya dengan virus yang menyerang manusia, virus menyerang bagian sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan manusia tersebut jatuh sakit. Dan tanpa disadari dan diketahui dari mana asala virus tersebut datang dan masuk ke tubuh manusia. Disini saya tidak ingin menjelaskan tentang virus yang menggangu manusia ya? hanya sekedar persamaannya saja.

virus komputer

Lalu dari mana asal virus komputer tersebut? dan bagaimana caranya virus tersebut bisa masuk ke sistem jaringan komputer kita?

Dunia ini sudah tidak terasa aman, tak terkecuali dunia maya yang menjadi sasaran empuk bagi pelaku tindak kejahatan di internet atau cyber crime. Ada saja intrik atau cara-cara menyebarkan kejahatan dengan tujuan untuk mengacaukan sistem keamanan jaringan komputer dan keamanan komputer pribadi. Para pelaku kejahatan di dunia komputer membuat program pengacau seperti Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware. Jika Komputer Anda terinfeksi malware, Malware tersebut tidak akan hilang begitu saja dalam waktu dekat. Malware tumbuh berkembang dan terus berkembang. Malware akan menjadi lebih sulit dideteksi bahkan sulit untuk dihapus.

Apa itu Spyware?
Spyware adalah suatu program atau aplikasi yang mirip dengan Trojan. Spyware merupakan program mata-mata yang bekerja untuk mencuri segala informasi di dalam komputer. spyware akan mengumpulkan dan mencuri informasi sebanyak-banyaknya untuk bisa digunakan para penjahat cyber. Hal yang paling sering menjadi sasaran adalan username dan password untuk situs perbankan, email, portal dan sebagainya. Selain itu, spyware juga berfungsi untuk memantau segala gerak gerik pengguna komputer seperti website yang di kunjungi oleh pengguna. Spyware juga berusaha mengalihkan arah ke website yang selalu di gunakan oleh pengguna. Misalnya: pengguna mau ke www.bankbca.com, tiba-tiba masuk website yang di buka adalah website casino dan web-webb dewasa. Ini salah satu gejala kalau komputer terinfeksi program Spyware.

Apa itu Worm?
Perbedaan yang sangat jelas antara worm dan virus adalah, virus membutuhkan satu program yang bisa di lihat untuk menyerang sistem komputer. Sedangkan worm tidak membutuhkan program apapun di dalam host untuk menyerang komputer. Analisis yang di lakukan, biasanya worm beroperasi melalui file yang tersembunyi yang sulit di deteksi oleh pengguna komputer. Dan hebatnya lagi, worm menyebar tanpa disadari sama sekali oleh si mpunya komputer.

Apa itu Trojan?
Trojan adalah salah satu program atau aplikasi yang dibuat atau di desain untuk dapat mengakses komputer korban tanpa memerlukan persetujuan pengguna komputer. Komputer yang sudah terinfeksi virus Trojan akan membuka jalan kepada penyerang atau orang yang tidak dikenal untuk mencuri data yang ada di dalam komputer.

Apa itu Malware?
Malware adalah aplikasi yang paling jahat. Malware bertindak sebagai penyerang, pencuri data dan berusaha menyebarkan aplikasi-aplikasi kedalam komputer yang lain di dalam jaringan komputer. Intinya malware adalah program yang mengumpulkan informasi tentang pengguna komputer tanpa izin. Semua aplikasi pengganggu yang saya sebutkan diatas menjalankan aksinya tanpa pengetahuan si mpunya komputer atau laptop. Program ini bisa disebarkan dengan berbagai cara. Ada yang melalui sistem jaringan komputer, email, iklan online, flash disk dan berbagai cara lainnya.
Baca juga: Malware Terbaru Bisa 'HANCURKAN' Handphone Android Lewat Pesan SMS

Apa itu Adware?
Adware adalah software advertising yang membawa banyak iklan di dalam komputer, sehingga sangat mengganggu dan membuat komputer menjadi sangat lambat karena menggunakan sumberdaya komputer yang cukup lumayan. Resiko yang dialami bagi pengguna yang selalu terkonneksi dengan internet, Adware akan membuka banyak popup windows yang membawa anda kepada situs-situs tertentu. Komputer menjadi lambat karena banyaknya iklan popup yang terbuka dengan sendirinya dan akan sangat pengguna untuk menggunakan Internet. Dan parahnya pengguna akan menggunakan bandwidth yang lebih besar saat menggunakan Internet. Inilah salah satu faktor penyebab komputer terlalu lambat jika berselancar di Internet dan kuota data cepat habis.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Untuk mengatasi serangan aplikasi atau program jahat diatas adalah dengan menginstal program AntiVirus yang berbayar, terutama bagi pengguna yang sering menggunakan internet. Program AntiVirus harus selalu update agar database virus terbaru ada dalam aplikasinya. Jadi menangkal serangan Malicious Software seperti Virus, Spyware, Worm, Trojan dan Malware adalah dengan AntiVirus terupdate.

Demikianlah Jenis-jenis dan Pengertian Virus Komputer beserta bahayanya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua agar dapat lebih waspada terhadap bahaya virus. Salam

Subscribe to receive free email updates: