Warisan Dunia, Harta Berharga Milik Bumi

Apakah Warisan Dunia Itu?
Apakah kalian pernah mendengar kata "warisan dunia"? Di atas bumi ini ada banyak cagar alam dan bangunan bersejarah yang berharga. Namun, jika di biarkan cagar alam tersebut akan terpengaruh cuaca dan terjamah tangan manusia sehingga memiliki kemungkinan akan rusak. Supaya tidak terjadi demikian, orang-orang di seluruh dunia bekerja sama untuk melindunginya dengan menyebut tempat-tempat dan bangunan-bangunan yang telah di tentukan sebagai "warisan dunia."

 Warisan dunia telah ditentukan oleh organisasi yang bernama UNESCO (United Nations Educational, Secientific and Cultural Organization/organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB). UNESCO merupakan organisasi kusus dari PBB dimana lebih dari 200 Negara dan daerah berafiliasi di dalamnya. Melalui kegiatan pendidikan, Ilmu pengetahuan, dan kebudayaan, UNESCO memajukan perdamaian internasional.

Untuk dapat terpilih sebagai warisan dunia, sebuah situs harus memenuhi satu dari 10 standar dan perlu dipersiapkan sebuah sistem untuk menjaganya. Setiap standarnya dinilai dengan sangat ketat, setelah itu bermacam-macam tempat,bangunan, dan sebagainya bisa terdaftar sebagai warisan dunia.

Tahukah Kalian?
Warisan Dunia di Asia
Apakah kalian tahu di negara apa saja dan berapa jumlah warisan dunia yang terdaftar? Di posisi pertama, negara yang memiliki warisan budaya terbanyak adalah Italia (50buah), posisi kedua negara Cina (47buah), dan di posisi ketiga negara Spanyol (44buah). Di Asia tempat kita tinggal pun terdapat banyak warisan dunia. Misalnya, seperti yang diterbitkan oleh ASIAN ELEMENTARY TIMES, di Indonesia terdapat 8 situs yang terdaftar sebagai warisan dunia seperti Candi Borobudur, Taman Nasional Komodo, Hutan Hujan Tropis Sumatera, dan lain-lain. Selain itu, ada banyak pulawarisan dunia berharga yang terdaftar, seperti Ha Long Bay di Vietnam yang terkenal akan pemandangan indahnya, Angkor Wat yang di kenal sebagai bangunan berharga, reruntuhan Ayutthaya di Thailand, dan sebagainya.

Ayo, Kita lindungi Warisan Dunia!!
Warisan dunia yang menakjubkan pun bisa rusak akibat cuaca, bencana alam, dan tangan manusia. Untuk itu demi melindungi  keindahan tersebut, masing-masing negara mengadakan bermacam-macam penanganan. Untuk melindungi ekosistem kusus di kepulauan Galapagos, dibuatlah peraturan seperti jangan membawa masuk atau keluar hewan dan tumbuhan atau jangan menyentuh tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain. Selain itu, di Taman Nasional Grand Canyon Amerika Serikat, dilarang mendekati cagar alam dengan mobil untuk melindunginya dari gas buang kendaraan bermotor. Sedangkan di Karang Penghalang Besar Australia, untuk melindungi  laut karang yang indah dilakukan pengontrolan pestisida yang mengalir ke laut.


Warisan Dunia di Asia

warisan dunia
Komodo Taman Nasional Komodo

warisan dunia
Angkor Wat (Kamboja)

warisan dunia
 Ha Long Bay (Vietnam)

warisan dunia
Ayutthaya (Thailand)


Subscribe to receive free email updates: