Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasinya

Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasinya - Bootloop adalah Suatu masalah yang terjadi pada sistem software, masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem. Ciri -cirinya seperti hanya menampilkan logo Android atau vendor saja dan tidak dapat masuk ke menu handphone. "Kenapa Bisa terjadi Bootloop?" Biasanya bootloop terjadi karna kegagalan sistem, seperti gagal saat upgrade OS, ada sistem yang corupt dan lain sebagainya.

bootloop

Jika sobat mengalami hal seperti yang sudah dijelaskan diatas, jangan panik dulu apalagi terburu buru unuk pergi ke konter service handphone yang sudah pasti sobat harus mengeluarkan ratusan ribu uang. Cobalah untuk mengatasi masalah tersebut dengan sendiri, karena sudah banyak kok master handphone yang membagikan ilmunya secara cuma cuma di dunia maya. Kalo saya sih jujur masih pemula om, masih harus banyak belajar lagi hehehe...

"Lalu bagaimana cara mengatasi bootloop pada Android?"

Setelah sobat mengetahui apa itu bootloop dan kenapa bisa terjadi, sekarang kita mulai cara menanganinya.Sebelumnya sobat harus mengetahui bahwa ada dua macam bootloop yaitu bootloop ringan dan bootloop parah. Bootloop ringan adalah bootloop yang terjadi hanya beberapakali dan masih bisa masuk ke sistem android dengan cara melepas batrai, memory dan sim card, namun demikian walaupun android tersebut masih bisa masuk ke sistem menu (bootloop ringan) suatu saat bisa menjadi bootloop parah jika tidak cepat di tangani. Bootloop ringan dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan cara trik 3 jari (bahasa teknisi hehehe) nanti saya jelaskan contohnya dibawah. Sedangkan bootloop parah adalah bootloop yang tidak dapat diatasi seperti cara mengatasi bootloop ringan diatas, namun dapat diatasi dengan cara Flashing (software ulang)

Kembali lagi ke topik diatas yaitu cara mengatasi bootloop ringan. Salah satu cara untuk mengatasi bootloop ringan adalah kembali ke pengaturan pabik atau factory reset. "Tapi bagaimana caranya sedangkan ponsel gagal booting alias nggak bisa masuk ke sistem android?". Jika android tidak dapat masuk ke sistem, sobat bisa masuk ke menu recovery mode dengan trik 3 jari. caranya, sobat perhatikan terlebih dahulu handphone android sobat ada tombol "Home" atau tidak, Jika ada, Pertama lepas batre dan pasang kembali, kemudian tekan tombol "Home + Volume Up (+) + Power" secara bersamaan hingga masuk ke recovery mode, jika sudah berhasil masuk pilih Wipe data/factory reset dengan cursor menggunakan tombol volume up dan volume down dan tombol power sebagai OK. kemudian pilih Yes-delet all user data, tunggu hingga proses selesai. jika sudah selesai silahkan reboot android sobat. Perlu diketahui bahwa setiap type handphone android berbeda beda cara masuk menu recovery mode. Untuk lebih jelasnya dan lengkapnya tentang cara masuk ke menu recovery mode, silahkan sobat baca artikel dzatmiko.com/2014/05/cara-memperbaiki-pola-yg-terkunci.html (kusus handphone samsung agalaxy). Untuk type android lain, bisa anda coba dengan menekan tombol volume up dan tombol power secara bersamaan, jika tidak masuk ke recovery mode, bisa coba tekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan hingga masuk menu recovery mode, dan begitu seterusnya. Selamat mencoba dan jangan pernah menyerah.

Mungkin itu saja sedikit penjelasan tentang Pengertian Bootloop Dan Cara Mengatasinya, kurang lebihnya mohon maaf dan bila ada pertanyaan silahkan coret coret di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah. Terimakasih. Salam




Subscribe to receive free email updates: