Mengatur Keuangan dan Waktu Kerja

Banyak pemula yg bertanya berapa sebenarnya biaya minimal yg diperlukan
untuk memulai bisnis online. Ada yg khawatir mereka akan disuruh beli ini
dan itu jika sudah bergabung dalam suatu program pembelajaran.
Menurut Saya, itu kekhawatiran yg wajar sebagai pemula. Karena belum
tahu, makanya mereka bertanya. Namun jika sudah memahami mindset
pebisnis online sukses seperti pada langkah ke-1 di atas, maka modal berupa
uang itu sifatnya relatif. Yang paling penting adalah kemauan untuk berhasil
yg sangat kuat. Dan memang harus ada sesuatu pengorbanan dari kita jika
pengen berhasil, baik pengorbanan uang maupun tenaga.
Di Ebook ke-10 RWP, Saya menjelaskan bagaimana pengalaman pribadi
mengeluarkan modal di bisnis offline dan bisnis online. Disitu saya buatkan
tabel perbandingan ; untuk mencapai laba sekitar Rp. 1-2 juta sebulan, maka modal bisnis offline yg Saya keluarkan sekitar Rp. 7 jutaan. Sementara untuk
mencapai laba yg sama di bisnis online, Saya hanya perlu mengeluarkan
modal beberapa ratus ribu saja.
Di Buku tsb juga Saya menyarankan agar para pemula mempunyai target
minimal impas antara pengeluaran dan pemasukan. Target pemasukan Rp.
300rb-500rb adalah wajar untuk bulan-bulan pertama. Namun harus
diperhatikan pula berapa kesangupan Anda untuk mengeluarkan modal, dan
bagaimana Anda bisa memanfaatkan cara-cara gratis seperti hosting gratis
dan Autoresponder gratis jika belum siap modal (Baca Ebook bonus ke-9
tentang List Building Pemula karangan pak Asnawi).
Ebook ke-10 RWP juga menjelaskan bagaimana kita bisa mengatur waktu
kerja pada berbagai kondisi saat ini, baik sebagai pekerja, mahasiswa, ibu
rumah tangga, dll. Juga dijelaskan strategi rinci bagaimana menyusun
impian, rencana kerja global, kerja lebih rinci, hingga mencapai target yg
diidamkan.

Itulah 7 Tahapan Bisnis Online yg mesti Anda lakukan jika mau mengikuti
jejak Saya. Dan setelah Saya pelajari dari berbagai profil pebisnis online
sukses, kebanyakan dari mereka juga melakukan cara yg hampir sama
seperti yg Saya lakukan selama ini. Hanya teknik dan redaksinya saja yg
berbeda.
Terserah..! itu semua kembali pada diri masing-masing. Jika ada di antara 7
tahapan tsb cocok bagi Anda, silahkan ikuti. Jika hanya cocok sebagian,
silahkan ikuti sebagian. Tidak ada pemaksaan. Karena seperti yg Saya
jelaskan di awal, cara-cara Saya mungkin saja tidak bisa Anda terapkan
100%. Namun ambillah intisarinya, lalu lakukan modifikasi sesuai kreativitas

sendiri. Saya pun melakukan itu dulu ketika masih pemula…!

Subscribe to receive free email updates: