Cara Memperbaiki Link Url Errors atau Crawl Errors Pada Blog

Link Url Errors atau Crawl Errors Pada Blog - Salah satu masalah yang dapat menurunkan peringkat blog di mesin pencari adalah terdapat link/tautan yang rusak atau tidak nyambung yang menghasilkan ERROR 404 pada saat visitor melakukan klik pada link. Tautan link yang rusak juga sangat dibenci oleh boot/crawler dengan alasan tidak memberikan pelayanan maksimal untuk pengunjung dan crawler akan menganggap bahwa anda adalah webmaster yang tidak profesional alias amatiran atau blog anda bisa juga dianggap sebagai blog spam.Disengaja/tanpa sengaja, seringkali para bloggers agak malas untuk melakukanpengecekan link/tautan pada laporan webmaster tools dari konten artikel blog mereka dan akibatnya blog mereka turun drastis dalam peringkat posisi search results google..dll.

Kali ini Dzatmiko Blog akan berbagi tips SEO blog tentang bagaimana cara memperbaiki link/tautan rusak atau error 404 agar dapat meningkatkan kembali SEO Blog anda. Karena berdasarkan pada pengalaman bahwa ternyata BST pun telah melakukan kesalahan (kurang kontrol/terburu-buru) saat mengisi tautan link internal maupun eksternal.
Ok, mari kita praktek memperbaiki tautan link rusak menggunakan webmaster tools dan pasilitas custom redirects pada blogger.
1. Silahkan masuk ke webmaster tools anda, atau gunakan link ini > https://www.google.com/webmasters/tools/crawl-errors?hl=in&siteUrl=http://dzatmiko.blogspot.com/ dan ganti yang warna merah dengan url blog anda.

Daftar tautan link internal/external

link url error

klik link yg akan diperbaiki diatas, maka akan muncul popup sperti gambar dibawah

link url error

Copy link yg rusak diatas dan paste pada notepad, contoh:

link url error

Kemudian login ke blog anda klik->menu->setelan(setting)->prefrensi penelusuran(search prefrencese)

link url error

Kemudian masukan link yg rusak pada kolom "Dari (from)" dan link yg benar pada kolom "Kepada (to)". Ingat, link yg dimasukkan tanpa url blog, CONTOH : http://dzatmiko.blogspot.com/2014/04/kumpulan-solusi-kasus-blackberry_28.html (link yg dimasukan hanya link yg berwarna biru saja).
setelah selesai kemudian klik "simpan".

Berikutnya kembali lagi ke halaman webmaster tools dan centang url yg rusak sperti gambar dibawah, kemudian klik "TANDAI SEBAGAI TELAH DIPERBAIKI".

link url error

Kemudian klik "OK"
link url error

Selanjutnya klik Google index->Hapus URL (pada webmaster) seperti gambar dibawah.

link url error

Klik "Buat permintaan penghapusan baru" kemudian masukan link url yg rusak pada kolom yg tersedia, lalu klik "Terus (Next)".
Hasilnya akan muncul sperti gambar dibawah ini.

link url error

Pilih "Hapus laman dari penelusuran dan cache", kemudian klik "kirim permintaan".

link url error


Selesai deh tinggal tunggu konfirmasi dari pihak Google.

Subscribe to receive free email updates: